Tips Mengurangi Gatal Pada Perut Saat Hamil

No Comments
Enam dari sepuluh ibu hamil mengalami peregangan kulit atau lebih dikenal dengan sebutan stretch mark. Pada ibu hamil yang memasuki trimester ke tiga sering mangalami gatal bahkan kesemutan pada bagian perut, hingga anda melakukan gerakan tidak sadar yaitu menggaruk perut. Menggaruk bagian tubuh yang gatal ketika hamil terutama bagian perut dan payudara bukan merupakan solusi yang terbaik. Gatal pada bagian perut adalah gejala kehamilan umum dan menjengkelkan yang hampir tak terelakkan. Perkembangan janin anda menyebabkan perut membesar, kulit menjadi meregang dengan cepat, semakin mengurangi kelembaban dan membuat anda gatal dan juga tidak nyaman.

Rasa gatal pada bagian perut ditimbulkan karena adanya perubahan hormon, yaitu berhubungan dengan peningkatan estrogen di dalam tubuh. Selain itu rasa gatal pada bagian perut dapat dikarenakan kulit kering atau perkembangan eksim yang memburuk selama kehamilan. Meskipun demikian untuk mengurangi rasa gatal umumnya anda menahan rasa gatal atau hanya mengelus bagian perut anda yang gatal. Adakah cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi gatal pada perut saat hamil?

Berikut adalah tips mengurangi gatal perut saat hamil :

1.  Gunakan pakaian yang longgar

Ketika anda hamil menggunakan pakaian yang longgar sangat diperlukan selain untuk membuat anda nyaman juga dapat membantu anda mengurangi rasa gatal pada bagian perut. Pilihlah pakaian yang nyaman yang mendukung kegiatan sehari-hari, gunakan pula pakaian berbahan katun sehingga mudah untuk menyerap keringat.

2.  Menggunakan minyak lidah buaya atau olive oil

Oleskan lidah buaya atau olive oil untuk mencegah rasa gatal saat hamil terutama ke bagian perut untuk menghilangkan stretch mark. Anda dapat menggoleskan olive oil setelah mandi secara merata.

3.  Hindari menggunakan air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat akan mengurangi kerja minyak lidah buaya dan olive oil selain itu akan mengakibatkan kulit kering dan memperburuk rasa gatal.

4.  Hindari pelembab dengan parfum

Bagi anda yang memiliki masalah gatal pada bagian tubuh selama kehamilan sebaiknya menghindari penggunaan parfum dikarenakan dapat mengakibatkan ruam dan iritasi yang semakin parah. Penggunaan bahan yang alami sangat disarankan untuk anda yang ingin menambah kesegaran alami.

5.  Gunakan baking soda dan air

Oleskan baking soda dan air ,hal ini sulit dilakukan pada seluruh perut Anda, tetapi jika Anda memiliki bercak-bercak iritasi maka dapat membantu anda untuk mengurangi rasa gatal. Setelah pasta mengering anda dapat membilasnya dengan air hingga bersih .

6.  Mengkonsumsi cairan yang dibutuhkan tubuh

Mengkonsumsi cairan yang dikonsumsi tubuh adalah salah satu cara yang terbaik selama kehamilan, selain mencukupi kebutuhan cairan juga dapat melembabkan kulit anda dan terhindar dari rasa gatal yang berlebih di bagian perut.

7.  Jangan gunakan sabun mandi

Menggunakan sabun mandi untuk menghilangkan rasa gatal bukan solusi terbaik untuk anda, sabun mandi yang tidak disarankan adalah sabun mandi yang menggunakan aroma sehingga menambah rasa gatal dan mengembangkan iritasi pada kulit perut anda.

8.  Mengompres dengan kain

Anda dapat menggopres perut ibu anda dengan menggunakan kain yang lembab degan menggunakan air dingin. Meskipun rasa gatal pada bagian perut adalah hal yang umum selama kehamilan anda akan tetapi tidak ada salahnya anda berkonsultasi dengan ahli medis untuk mendapatkan penanganan untuk mengurangi rasa gatal pada bagian perut anda.

Sumber : bidanku.com

Perhatian:

Dilarang keras berkomentar yang tidak senonoh, seperti spam, jorok, promosi link, dan sebagainya. Wajib berkata sopan dan baik di blog ini. Biar komentar anda di sukai oleh pengunjung blog ini juga.