Panduan Memberi Makan Pada Anak Usia 6 Sampai 8 Bulan

No Comments
Apa yang perlu ibu ketahui dalam memberi makan pada anak yang berusia 6 sampai 8 bulan? Pertama-tama, ibu harus melakukan pemberian ASI terus menerus. Setelah diberikan ASI mulailah ibu memberikan pendamping ASI (MP-ASI) Contohnya bubur susu dan bubur tim yang dilumat. Untuk usia 6-8 bulan ibu harus memberi ASI secara bertahap sesuai umur.

Catatan:
  1. Berikan ASI terlebih dahulu kemudian MP-ASI
  2. Jika bayi tidak mendapatkan ASI karena alasan medis, berikan tambahan 1-2 gelas susu perhari dan 1-2 kali makanan selingan.
Cara pertama untuk pemberian MP-ASI
  • Berikan ASI dulu, kemudian MP-ASI
  • Berikan aneka makanan seperti telur, ayam, ikan, tempe, tahu daging, sapi, wortel, bayam, santan, kacang hijau, minyak dan buah-buahan seperti jeruk, pisang, dan pepaya.
Jika terdapat menggunakan MP-ASI buatan pabrik, ibu harus teliti untuk cara pakainya dan perhatikan tanggal kadaluarsa. Selingan makanan untuk bayi 2 kali sehari contohnya bubur kacang hijau, pisang, biskuit, nagasari, dan kue lain.

Untuk bayi harus diajak latih makan sendiri dengan sendok, agar tidak terbiasa di suapin terus sama ibunya dan juga ajari minum sendiri dengan gelas. Perhatikan kebersihan pada gelas tersebut, supaya bayi tetap dalam kondisi sehat.

Perhatian:

Dilarang keras berkomentar yang tidak senonoh, seperti spam, jorok, promosi link, dan sebagainya. Wajib berkata sopan dan baik di blog ini. Biar komentar anda di sukai oleh pengunjung blog ini juga.