Bagaimana Cara Merangsang Perkembangan Anak

No Comments
Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh orang tua anak yaitu, cara merangsang perkembangan anak pada usia 0-3 bulan.

1. Sering memeluk dan menimang bayi dengan penuh kasih sayang.
2. Gantung benda berwarna cerah yang bergerak dan bisa dilihat bayi.
3. Ajak bayi tersenyum dan berbicara.
4. Perdengarkan musik pada bayi.

Pada umur 1 bulan, seharusnya bayi bisa menatap ke ibu dan mengeluarkan suara o..o..o.. disamping itu juga bayi mulai bisa tersenyum manis pada tatapan ibu dan menggerakkan tangan dan kaki.

Pada umur 3 bulan. bayi bisa mengangkat kepala tegak ketika tengkurap, menggerakkan kepala ke kiri dan kanan. bayi juga bisa membalas senyum ketika diajak bicara oleh ibu.

Pada umur 3-6 bulan, apakah yang bisa dilakukan oleh bayi? yaitu, bayi sering tengkurap, dan menggerakkan benda ke kiri dan kanan, di depan matanya. Orang tua seharusnya memperdengarkan bayi berbagai bunyi-bunyian. Beri mainan benda yang besar dan berwarna, seperti balon, boneka, dll

Pada umur 6 bulan, bayi mulai bisa berbalik dari telungkup ke telentang dan mempertahankan posisi kepala tetap tegak. Bayi juga dapat meraih benda-benda yang ada disekitarnya entah itu boneka, bola, apapun yang ada disekitar bayi akan tersenyum jika melihat sebuah benda dan mainan yang menarik bagi bayi. Kadang-kadang bayi dapat menirukan bunyi disekitarnya, entah itu bunyi Handphone, mainan, dan musik.

Jika pada usia 6 bulan, bayi belum bisa melakukan hal diatas, bawa bayi ke bidan atau dokter.

Perhatian:

Dilarang keras berkomentar yang tidak senonoh, seperti spam, jorok, promosi link, dan sebagainya. Wajib berkata sopan dan baik di blog ini. Biar komentar anda di sukai oleh pengunjung blog ini juga.